Friday, June 25, 2010

Web Usability Part1

Tulisan kali ini merupakan salah satu tugas dari Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer Departemen Ilmu Komputer IPB. Tugas kali ini mengenai Web Usability pada suatu website yakni www.botanisquare.com.

Web usability adalah sebuah pendekatan untuk membuat situs web yang mudah digunakan oleh para pengguna tanpa memerlukan pelatihan khusus apapun. Pengguna harus dapat menjelajah ke tiap halaman dengan mudah dan dapat berinteraksi dengan baik Web.



Berdasarkan kriteria tersebut usability dapat diukur dengan mempertimbangkan beberapa hal :

  • Optimum . Terkait dengan analisis cost-bene t, dan kompromi.
  • Efektif . Berkaitan dengan e siensi dan produk tias penggunaan, di antaranya kecepatan, diselesaikannya tugas, betul tidaknya tugas diselesaikan, yang dicapai oleh interaksi pengguna dengan sistem. Hal ini sangat kontekstual sifatnya.
  • Kepuasan . Ini berkaitan dengan emosi kepuasan pengguna terhadap produk yang dipakai. Pengukuran tidak hanya berlangsung pada awal penggunaan tetapi setelah melalui pelatihan dan penggunaan pada waktu tertentu.
  • User, task and environment . Karakteristik ini harus juga dipertimbangkan.
  • Biaya . Hal ini berkaitan dengan investasi yang harus dilakukan pengguna
    untuk mencapai usabilitas pada level yang diingainkan, termasuk biaya sik, dan non fisik.



Hal penting yang perlu diperhatikan dalam Web Usability adalah senbagai berikut :

  • Mudah dipelajari
  • Efisien
  • Mudah diingat
  • Sedikit error
  • Menyenangkan ketika digunakan


Usability dapat dipandang dari tiga faktor utama :


  • Learnability , yaitu kemudahan pengguna baru untuk mulai secara efektif berinteraksi dan mencapai kinerja yang optimal.

  • Fleksibilty , yaitu beragam cara yang disediakan oleh sistem untuk memungkinkan user dan sistem bertukar informasi. Sehingga  eksibilitas ini harus menjamin bahwa si user tidak hanya terpaku pada satu pola dialog .

  • Robustness , tingkatan berbagai dukungan yang disediakan bagi user untuk menentukan tercapainya tujuan. Artinya bila suatu cara gagal maka masih ada cara lain untuk mencapai tujuan tersebut.


Referensi :

  1. http://repository.binus.ac.id/maincourse/J039481213.10.Web_Usability
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Web_usability
  3. http://endriputro.wordpress.com/2010/02/21/pengertian-usability/

2 comments:

  1. nice info.. ;)
    tapi ejaannya masih ada yang salah.. hhe

    https://fandir07.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete